Belum lama saya menyajikan artikel tentang Jenis-jenis dan Istilah Roda gigi
pada kendaraan bermotor. Dan selanjutnya untuk melengkapi pemahaman
kita seputar suku cadang kendaraan bermotor dan fungsinya, maka erikut
adalah akan menyajikan penjelasan tentang Piston , Silinder dan
Fungsinya pada kendaraan bermotor.
Piston adalah sumbat geser yang terpasang didalam sebuah silinder mesin
pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik dan silinder pompa.
Adapun tujuan dari piston dalam silinder ialah :
- Mengubah volume dari isi silinder, perubahan volume bisa diakibatkan karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Piston yang menerima tekanan dari fluida da akan mengubah tekanan tersebut menjadi gaya linear.
- Membuka -tutup jalur aliran.
- Kombinasi dari hal diatas.
Dengan fungsi tersebut, maka piston harus terpasang dengan rapat dalam
silinder. Satu atau beberapa cincin atau ring seher dipasang pada piston
agar sangat rapat dengan silinder. Pada silinder pada temperatur kerja
menengah keatas, bahan ring terbuat dari logam, disebut dengan ring
piston ( Piston Ring ). Sedangkan pada silinder pada temperatur kerja
rendah, umumnya bahan ring terbuat dari karet, disebut dengan ring sil (
seal ring ).
PISTON MESIN
Piston pada mesin juga di senut juga dengan Torak, adalah bagian dari
mesin pembakaran dalam yang berfungsi sebagai penekan udara masuk dan
tekanan hasil pembakaran pada ruang bakar. Piston terhubung ke poros
engkol ( crank shaft )melalui setang piston ( connecting rod
). Material piston umumnya terbuat dari bahan yang ringan dan tahan
akan tekanan, misal aluminium yang sudah dicampur bahan tertentu misal alumunium alloy, piston
meiliki muaian yang lebih besar dibandingkan dengan rumahnya ( cylinder
block ). Hal tersebut harus diantisipasi dengan clearence silinder blok
dan piston atau selisih diameter piston dengan diameter silinder blok .
Clearence ini bervariasi untuk tiap-tiap piston. Banyak salah
pengertian diantara para mekanik bahwa piston harus sesak atau pas
dengan silinder blok. Hal ini mengakibatkan sering terjadinya macet (
jammed ) pada saat mesin panas ( overheat ). Yang seharusnya piston
longgar terhadap silinder blok.Banyak orang mengira bahwa bentuk piston
adalah bulat !.
Padahal sesunggunya bentuk piston adalah oval dengan bagian terkecil
terletak pada lubang pen piston. Bagian atas dari piston yaitu tempat
ring piston , selalu lebih kecil dari bagian bawah piston ( bagian ekor
). Pada saat dimasukkan kedlam silinder blok yang terbentuk bulat
sempurna, bentuk oval dari piston ini akan mengakibatkan bagian yang
lebih kecil terlihat lebih ranggang.
RING PISTON ( RING SEHER )
Ring piston memiliki dua type, yaitu ring kompresi dan ring oli. Fungsi
dari ring kompresi adalah pemampatan volume dalam silinder serta
menghapus oli pada dinding silinder. Kemampuan kompresi ring piston yang
sudah menurun akan mengakibatkan performa mesin menurun juga. sedangkan
ring oli berfungsi untuk menampung dan membawa oli serta melumasi parts
dalam ruang silinder. Ring oli hanya ada pada mesin 4 tak, karena
pelumasan mesin 2 tak menggunakan oli samping.
SILINDER ( MESIN )
Ilustrasi dari sebuah silinder mesin deng piston, setang seher klep dan busi ( spark plug ) |
Sebuah silinder dalam sebuah mesin pembakaran dalam dan pompa adalah
bagian utama tempat piston bekerja. Pemakaian beberapa silinder biasanya
disusun sejajar dalam satu garis didalam blok mesin. Silinder bisa
dilapisi atau coating dengan nikasil. Volume dari sebuah silinder
dapat dihitung dengan mengkalikan kuadrat jari-jari silinder dengan pi
dan jarak piston berpindah didalam silinder disebut stroke atau langkah. Maka, kapasitas mesindari suatu mesin mobil dapat dihitung dari banyaknyajumlah silinder dari mesin itu.
Sebuah piston terletak didalam silinder bersama dengan ring piston.
sumber :http://dianmotorcell.blogspot.co.id/2013/05/piston-silinder-dan-fungsinya-pada.html
0 komentar:
Posting Komentar